PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) adalah salah satu anak perusahaan dari BUMN PT Hutama Karya (Persero) (HK) di bidang usaha jasa konstruksi.

Didirikan sejak tahun 2015, HKI merupakan spin-off dari Divisi Jalan & Jembatan milik HK yang sudah berkiprah sejak tahun 1961 dengan segudang pengalaman di bidang konstruksi jalan, jalan tol, jembatan, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang sejenis.

HKI berdiri sebagai salah satu implementasi strategi value capture yang dijalankan HK dalam rangka optimalisasi manfaat atas penugasan pengembangan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang diamanatkan Pemerintah Republik Indonesia kepada HKI.

Sejak Tahun 2015 hingga saat ini, HKI telah memegang kontrak kurang lebih Rp40 Triliun atau ekuivalen terhadap panjang kilometer sekitar 387 km yang terdiri dari 8 ruas.

Pada tahun 2015-2021 HKI menjalankan bisnis jasa konstruksi jalan dan jembatan, khususnya di JTTS. Sejak tahun 2021, HKI mulai melakukan ekspansi ke pasar eksternal JTTS. Saat ini, HKI menambah core business di bidang investasi, dimulai dengan investasi dengan skema KPBU.

Sejak tahun 2020, HKI telah memiliki anak perusahaan yakni PT Petronesia Benimel yang bergerak di bidang konstruksi earthwork, infrastruktur oil & gas, dan infrastruktur pertambangan. Untuk meningkatkan kapasitas Perusahaan, pada Juli 2022 HKI telah memiliki anak perusahaan lainnya yang bergerak di bidang manufaktur untuk mendukung bidang jasa konstruksi yaitu PT Bhirawa Steel.

Selain membangun infrastruktur, HKI juga berkontribusi kepada masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), khususnya bagi masyarakat di sekitar proyek. 

VISI & MISI

VISI

Indonesia's Leading Integrated Construction Company

MISI

● Menyukseskan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan melakukan ekspansi pasar untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan

● Mengembangkan sumber daya manusia yang tangguh dan inovatif dalam rangka meningkatkan nilai perusahaan

● Meningkatkan kapasitas finansial yang dapat mendukung pertumbuhan usaha

● Menerapkan budaya perusahaan terutama safety dan environmental friendly dalam aktivitas pekerjaan

TATA NILAI PERUSAHAAN

Untitled-1-01

AMANAH

Memegang teguh kepercayaan yang diberikan

KOMPETEN

Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas

HARMONIS

Saling peduli dan menghargai perbedaan

LOYAL

Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara

ADAPTIF

Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan

KOLABORATIF

Membangun kerjasama yang sinergis

LEAN CONSTRUCTION

Lean Construction adalah sebuah metode dalam mendesain sistem kerja proyek konstruksi yang dapat mengidentifikasi adanya waste (pemborosan) sehingga segala sesuatu yang tidak menambah nilai (value), dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Penerapan Lean Construction bertujuan untuk mengoptimalisasikan pelaksanaan proyek konstruksi.

Prinsip Lean Construction yang cukup sering diterapkan dalam bidang konstruksi adalah value stream. Value Stream adalah pemetaan seluruh arus nilai, menetapkan kerja sama antara partisipan, mengidentifikasi dan menghilangkan waste sehingga proses konstruksi dapat ditingkatkan. Dengan mengidentifikasi dan menghilangkan waste, proyek akan berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Prinsip ini dapat dilakukan dengan melihat nilai-nilai yang kurang bermanfaat pada saat pengerjaan proyek.

Value stream yang diterapkan dalam Lean Construction tentu dapat meminimalisir pemborosan, baik dalam waktu maupun biaya.

DEWAN KOMISARIS

Aloysius Kiik Ro

Komisaris Utama

Taufik Widjoyono

Komisaris

Mulyadi Wiratmadja

Komisaris

Sarbini

Komisaris Independen

Erwin M. Singajuru

Komisaris Independen

DIREKSI

Aji Prasetyanti 

Direktur Utama

Fatma Dewi Setyowati 

Direktur Operasi I

Heru Pramana 

Direktur Operasi II

Selo Tjahjono

Direktur Operasi III

Dadan Hikmat Ramdhani

Direktur Keuangan & HC

Sekretaris Perusahaan dan Kepala SPI

Philadelphia H. H. Poerwana

Sekretaris Perusahaan

Arif Setyo Budi Nugroho

Kepala SPI

STANDAR INTERNASIONAL

Sebagai bentuk komitmen terhadap kepuasan pelanggan, tuntutan keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan, PT. Hutama Karya Infrastruktur (HKI) menerapkan standar Manajemen Mutu, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan Lingkungan. Komitmen tersebut dibuktikan dengan diperolehnya sertifikat berstandar internasional yang terus diperbaharui secara berkala

ISO 9001 adalah standar internasional dalam hal sistem manajeman mutu. Elemen utama standarisasi ISO 9001 mencakup hal-hal seperti fokus padan pelanggan (customer focus), kepemimpinan (leadership), keterlibatan orang (people involvement), pendekatan pada proses (process approach), perbaikan (improvement), pengambilan keputusan berbasis bukti (evidence-based decision making), serta manajemen hubungan (relationship management).

ISO 9001 : 2015​
Client Image

ISO 14001 adalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk pendekatan manajemen yang terstruktur untuk perlindungan lingkungan. ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan) merupakan sistem manajemen perusahaan yang berfungsi untuk memastikan bahwa proses yang digunakan dan produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan, terutama dalam upaya pemenuhan terhadap peraturan di bidang lingkungan, pencegahan pencemaran dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan.

ISO 14001 : 2015
Client Image

ISO 45001 adalah standar ISO untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, yang diterbitkan pada Maret 2018. Tujuan ISO 45001 adalah pengurangan cedera dan penyakit akibat kerja, termasuk mempromosikan dan melindungi kesehatan fisik dan mental.

ISO 45001 : 2018
Client Image

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

HKI senantiasa menjalankan bisnis jasa konstruksi yang memberikan nilai tambah bagi seluruh Pemangku Kepentingan. Nilai tambah ini datang dari produk dan jasa dengan kualitas terbaik, serta tanggung jawab dan komitmen terhadap pengembangan serta kelangsungan lingkungan dan komunitas sekitar.

TATA KELOLA PERUSAHAAN

Sebagai entitas dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) berkomitmen penuh menerapkan tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance atau GCG) dengan sebaik-baiknya sebagai salah satu spirit utama dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yang berkelanjutan. 

ANAK PERUSAHAAN

Pada tahun 2020, PT Hutama Karya Infrastruktur resmi menjadi pemegang saham mayoritas PT Petronesia Benimel yakni sebesar 57%.

PT Petronesia Benimel menjalankan usaha dalam bidang engineering, procurement, construction (EPC) yang menyediakan layanan konstruksi untuk berbagai pekerjaan tanah, pekerjaan sipil, dan pengembangan lokasi juga mekanikal, perpipaan, konstruksi listrik dan instrumen. Sebagai perusahaan konstruksi, PT Petronesia Benimel telah terlibat di berbagai macam proyek oil & gas dan pembangunan jalan raya dan tol di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan bergabungnya PT Petronesia Benimel, kini langkah PT Hutama Karya Infrastruktur semakin mantap untuk Menjadi Perusahaan Konstruksi yang Terintegrasi Terdepan di Indonesia.

ANAK PERUSAHAAN

PT Bhirawa Steel merupakan anak usaha PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) yang bergerak dalam produksi baja tulangan beton. HKI resmi menjadi pemegang saham mayoritas PT Bhirawa Steel dengan kepemilikan saham sebesar 36% di tahun 2022.

PT Bhirawa Steel telah menyediakan baja tulangan beton untuk sejumlah proyek-proyek prestisius seperti Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ataupun jalan tol lainnya di pulau Jawa. Tidak hanya mendukung ketersediaan baja tulangan beton di Indonesia, PT Bhirawa Steel juga telah melakukan ekspor ke berbagai negara lain di Asia dan Australia.



PENGHARGAAN

PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) berhasil meraih penghargaan Golden Winner dalam ajang PR Indonesia Awards (PRIA) 2021, untuk Kategori Anak Usaha BUMN Sub Kategori Media Cetak. Adapun majalah yang mendapatkan penghargaan ini adalah majalah HKInsider Issue 02/2021. PRIA merupakan ajang kompetisi yang mengapresiasi effort kinerja kehumasan yang unggul dari korporasi seluruh Indonesia, sekaligus mencerminkan kinerja PR sepanjang tahun lalu.

Gold Winner Kategori Anak Usaha BUMN Sub Kategori Media Cetak PR Indonesia Awards 2021
Client Image

Dalam ajang penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sukses meraih Penghargaan Utama dalam Kategori Proses Internal atas inovasi berupa penerapan e-Budgeting & Planning dalam manajemen proyek. Inovasi proses internal yang dilakukan HKI adalah digitalisasi proses penganggaran proyek lengkap dengan proses pengendalian dan evaluasi pelaksanaannya. Produk digitalisasi ini bernama E-Budgeting & Planning yang mengutamakan prinsip kolaborasi sebagai salah satu platform utama dalam proses bisnis utama HKI.

Penghargaan Utama Kategori Proses Internal Inovasi E-Budgeting and Planning IDX Channel Anugerah Inovasi 2020
Client Image

PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) berhasil meraih penghargaan dalam gelaran Apresiasi Inovasi yang diselenggarakan oleh Koran Sindo dan Sindonews.com dengan kategori Best Product. Penghargaan ini diperoleh HKI berkat kesuksesannya dalam menerapkan metode Lean Construction pada salah satu proyek yang dikerjakannya. Metode kerja inovatif tersebut diterapkan HKI pada proyek Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai, tepatnya di ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 2A.

Best Product (Lean Construction) Apresiasi Inovasi Koran Sindo dan Sindonews.com 2019
Client Image

Tim Proyek Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang) berhasil meraih prestasi pada Acara Hari Jalan 2021 Kementerian PUPR dalam kategori Lomba Inovasi Teknologi Pembangunan Jalan dan Jembatan melalui Video. Tim Proyek Pekbang berhasil meraih Pemenang II dalam kategori tersebut.

Pemenang II Lomba Inovasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Melalui Video Hari Jalan PUPR 2021
Client Image

Tim Proyek Binjai - Langsa Seksi Binjai - Pangkalan Brandan Zona I mendapatkan Penghargaan Kecelakaan Nihil dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumatra Utara. Penghargaan ini diberikan atas tercapainya 1.963.776 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja, terhitung sejak tanggal 1 Desember 2020 sampai dengan 31 Desember 2021.

Penghargaan Kecelakaan Nihil dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans)
Client Image

PT Hutama Karya Infrastruktur kembali mendapatkan penghargaan dari PR Indonesia, dalam ajang kompetisi PR Indonesia Award (PRIA) 2022. Adapun penghargaan yang diperoleh adalah Silver Winner Kategori Anak Usaha BUMN Sub Kategori Media Cetak. Majalah perusahaan yang dinobatkan sebagai Silver Winner ini yakni HKInsider Issue 04/2022: Human Capital Management in Infrastructure.

Silver Winner Kategori Anak Usaha BUMN Sub Kategori Media Cetak PR Indonesia Awards 2022
Client Image

PT Hutama Karya Infrastruktur kembali mendapatkan penghargaan Kecelalakaam NIhil pada acara penutupan kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tahun 2022, HKI Kantor Pusat memperoleh Penghargaan Kecelakaan Nihil Periode 2019-2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Penghargaan Kecelakaan Nihil HKI Kantor Pusat Periode 2019-2021 Kementerian Ketenagakerjaan RI
Client Image

PT Hutama Karya Infrastruktur mendapatkan penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS pada acara penutupan kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tahun 2022, HKI Kantor Pusat memperoleh Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS Kategori Gold dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS Kategori Gold
Client Image

AYO BANGUN MASA DEPAN
INDONESIA BERSAMA KAMI